Minggu, 26 Januari 2020

INVESTASI SPIRITUAL DENGAN KEUNTUNGAN MELIMPAH

Oleh : M. Khaliq Shalha
Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia (hudan linnas) diksinya banyak menyuguhkan tamsil ekonomi, semisal perdagangan, untung rugi, pertanian dan semacamnya agar sinyal petunjuk Al-Qur'an mudah ditanggap oleh manusia.

Salah satu kecenderungan manusia adalah mengejar untung sebanyak-banyaknya dan tentu mewaspadai kerugian. Dalam bahasa ekonomi dikenal istilah prinsip ekonomi, yaitu dengan modal kecil bisa meraup untung besar.

Dalam investasi spiritual, Rasulullah SAW memberikan sensasi kepada umatnya dengan modal kecil bisa meraih untung besar bagi orang yang membaca shalawat untuk beliau. Sabda beliau berikut ini: "Man shalla 'alayyah marratan shallallah 'alaih 'asyara (Barang siapa bershalawat atasku satu kali saja maka Allah bershalawat (memberi rahmat) padanya sepuluh kali." Bila Anda bershalawat 4.444 sekali duduk umpama, tinggal Anda mengalikan sendiri.

Kutipan Tafsir Mafatih al-Ghaib
Nabi besar Muhammad SAW adalah Nabi paripurna, insan ter-ngetop dalam sifat dan sikapnya serta ma'shum (mendapat garansi untuk terpelihara dari kesalahan). Nabi agung ini akhlaknya adalah Al-Qur'an, sebagaimana dituturkan oleh istri selebritisnya, rupawati (humaira'), Siti Aisyah. Logis sekali bila Allah dan para malaikat-Nya bershalawat pada Nabi sebagai bentuk apresiasi pada kemuliaan beliau. Maka, sepantaslah orang-orang yang beriman bershalawat padanya.

Lalu untuk apakah kita bershalat pada beliau jika beliau sudah tidak kurang suatu apa pun? Shalawat yang kita panjatkan untuk beliau berkahnya kembali kepada kita sendiri. Itulah kemurahan Allah dan itu pulalah keistimewaan Rasulullah SAW yang semata-mata efek positifnya dijebolkan pada umatnya yang bershalawat.

Tak tanggung-tanggung, keuntungan yang diberikan Allah dengan investasi satu shalawat saja mendapat keuntungan sepuluh rahmat Allah. Masihkan kita menjadi umat pemalas dan materialistis? Sungguh terlalu...!!

Allahumma shalli 'ala Muhammad.


Wallah a'lam bish shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar